:::: MENU ::::

Minggu, 27 Desember 2020

Fisioterapi

Fisioterapi atau terapi fisik mungkin sudah sering kita dengar dalam dunia kesehatan. Layanan fisioterapi ini biasanya bisa kita temui di Puskesmas maupun rumah sakit. Namun kini ada juga yang jasa fisioterapi ke rumah yang sudah dengan tenaga professional yang tidak kalah bagus kualitasnya. Fisioterapi merupakan prosedur yang bertujuan untuk memulihkan kembali anggota tubuh yang mengalami gangguan pada gerak maupun fungsinya. Oleh karena itu, fisioterapi sangat dianjurkan bagi pasien yang mengalami keterbatasan gerak serta fungsi tubuhnya.

Fisioterapi dilakukan dengan tujuan untuk memeriksa, menangani, serta mengevaluasi pasien yang memiliki gangguan pada gerak dan fungsi tubuhnya. Manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan fisioterapi, antara lain bisa mencegah dari terjadinya cacat fisik, sekaligus juga bisa mengurangi resiko cedera dan gangguan pergerakan. Mungkin selama ini sedikit orang mengetahui kegunaan fisioterapi untuk menyembuhkan gangguan kesehatan tertentu. Namun ternyata terapi fisik ini cukup banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan pada semua kalangan usia, seperti berikut ini:

1. Cedera sendi

Biasanya pasien yang melakukan fisioterapi adalah mereka yang mengalami cedera sendi. Untuk meredakan nyeri pada cedera sendi, biasanya fisioterapi yang dilakukan adalah dengan memberikan pijatan dan terapi panas maupun dingin. Pasien yang mengalami masalah pada sendi tulang belakangnya bisa meningkatkan kekuatan intinya untuk melindungi intervertebral disc.

2. Arthritis

Pada penderita arthritis, pengobatan fisioterapi yang diberikan berupa pijatan dan penggunaan modalitas, seperti ultrasound dan panas. Selain itu melakukan hidroterapi (latihan di dalam air hangat) juga bisa membantu mengurangi nyeri arthritis dan meningkatkan mobilitas sendi.

3. Masalah pada punggung

Masalah pada punggung seperti yang terjadi pada mereka yang menderita penyakit kardiovaskular, diabetes, ataupun stabilitas inti tubuh juga bisa dibantu penyembuhannya dengan melakukan fisioterapi. Pengobatan yang diberikan biasanya berupa pijatan, penggunaan corrective sports tape, terapi titik pemicu dan akupuntur, dll.

4. Masalah fleksibilitas

Fisioterapi juga bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan gangguan fleksibilitas dan juga mengurangi nyeri.

5. Inkontinensia urin

Pada mereka yang memiliki masalah kesehatan berupa inkontinensia urin, yaitu ketidakmampuan untuk menahan buang air kecil, maka fisioterapi juga bisa dilakukan untuk menyembuhkannya. Pengobatan yang diberikan meliputi latihan dasar panggul khusus, serta melakukan beberapa saran yang berhubungan dengan kebiasaan atau gaya hidup, seperti makan dan minum.

6. Gangguan muskuloskeletal dan multiple sclerosis.

Fisioterapi juga banyak digunakan untuk mengembalikan kekuatan dan kemampuan ke fungsi normal. Karena fisioterapi memiliki berbagai macam teknik untuk mengobati nyeri, meliputi peregangan otot, mobilisasi sendi, terapi titik pemicu, pengobatan dengan panas, dan akupuntur.

7. Pencegahan cedera

Beberapa orang biasanya melakukan pengobatan fisioterapi setelah mengalami cedera. Padahal banyak dari beberapa cedera yang bisa dicegah dengan melakukan fisioterapi sebelumnya.

8. Sakit leher dan kepala

Fisioterapi bisa diberikan pada mereka yang menderita sakit kepala terkait disfungsi tulang belakang servikal. Namun untuk pengobatan fisioterapi yang dilakukan memerlukan diagnosis yang cermat dan pengobatan disesuaikan dengan kondisinya.

9. Sindrom carpal tunnel

Fisioterapi juga dianjurkan untuk dilakukan pada mereka yang menderita sindrom carpal tunnel. Pengobatan biasanya dianjurkan untuk dilakukan setelah diagnosis awal. Fisioterapi yang diberikan mencakup teknik anti inflamasi, seperti penggunaan es dan pijatan, serta latihan peregangan dan penguatan untuk mengurangi nyeri dan mengembalikan fungsi.

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang dapat menggunakan fisioterapi untuk penyembuhannya. Jika anda memiliki permasalahan kesehatan yang sama dan ingin melakukan pengobatan fisioterapi, maka lebih baik konsultasikan terlebh dahulu dengan dokter. Saat ini layanan fisioterapi mudah sekali didapatkan seperti di puskesmas, rumah sakit atau dapat juga menggunakan aplikasi untuk mencari fisioterapi Jakarta untuk datang ke rumah.

 

0 komentar:

Posting Komentar

A call-to-action text Contact us